10+ Sungai Terpanjang di Benua Afrika (Lengkap Dengan Lokasinya)

Daftar sungai terpanjang di Benua Afrika berikut ini sangat wajib untuk diketahui, khususnya bagi mereka yang sedang mempelajari tentang sungai-sungai terpanjang di dunia lengkap dengan lokasinya.

Pasalnya, ada beberapa sungai yang berada di Benua Afrika, yang masuk sebagai salah satu sungai terpanjang di dunia. Salah satu contohnya adalah Sungai Nil, yang mengalir di beberapa negara sekaligus.

Disamping itu, Sungai Nil juga memiliki beberapa spot yang difungsikan sebagai tujuan wisata. Lantas, apa saja sungai terpanjang di Benua Afrika tersebut? Berikut penjelasannya lengkap dengan lokasinya.

Inilah Daftar Sungai Terpanjang di Benua Afrika (Lengkap Dengan Lokasinya)


#1. Sungai Nil (6.650 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Afrika
Sungai Nil
Daftar sungai terpanjang di Benua Afrika yang pertama yaitu Sungai Nil, dengan panjang kurang lebih 6.650 kilometer. Disamping itu, Sungai Nil juga dinobatkan sebagai salah satu sungai terpanjang di dunia.

Sebagian besar orang mengetahui bahwa lokasi sungai ini berada di Negara Mesir. Namun faktanya, sungai ini berada di beberapa negara sekaligus, yaitu Mesir, Sudan, Sudan Selatan, Rwanda, Uganda, Kenya, Zaire, Tanzania, Etiopia, dan Burundi.

Sungai Nil bersumber dari Sungai Nil Biru dan Sungai Nil Putih. Sedangkan muaranya berada di Laut Tengah, atau kadang juga disebut " Laut Mediterania " atau " Mare Nostrum " dalam bahasa latin.

BACA JUGA: 10+ Sungai Terpanjang di Myanmar (Mulai Dari Mekong Hingga Moei)

#2. Sungai Kongo (4.700 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Afrika
Sungai Kongo
Daftar sungai terpanjang di Benua Afrika berikutnya yaitu Sungai Kongo, dengan panjang sekitar 4.700 kilometer. Sesuai dengan namanya, sebagian sungai ini berada di Negara Kongo, dan sebagian lagi berada di Negara Zaire dengan nama Sungai Zaire.

Sungai Kongo (Sungai Zaire) adalah salah satu sungai yang " cukup " unik di dunia. Pasalnya, bentuk sungai ini meliuk-liuk dari hulu hingga hilirnya, dan membentuk sebuah ngarai panjang yang dijuluki sebagai " Gates of Hell ".

Sungai ini bersumber dari dataran tinggi dibagian barat laut Zambia, dan mengalir melewati hutan hujan terbesar di dunia hingga ke Samudra Atlantik, yaitu samudra terbesar kedua di dunia setelah Samudera Pasifik.

#3. Sungai Niger (4.180 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Afrika
Sungai Niger
Sungai Niger adalah sungai utama di Benua Afrika bagian barat, dengan panjang kurang lebih 4.180 kilometer. Sungai ini melewati beberapa negara di antaranya adalah Niger, Nigeria, Guinea, Mali, dan Benin.

Asal usul nama " Sungai Niger " ini belum diketahui secara pasti. Walaupun begitu, banyak orang mengansumsikan kalau kata " Niger " tersebut berasal dari bahasa latin yang berarti " Hitam ". Namun, hal tersebut belum ada bukti nyata.

Sungai ini bersumber dari Dataran Tinggi Guinea yaitu salah satu dataran tinggi yang membentang dari bagian tengah Guinea hingga dibagian barat Pantai Gading, dan mengalir menjauhi Gurun Sahara hingga bermuara di Teluk Guinea.

#4. Sungai Nil Putih (3.700 Kilometer)

Sungai Nil Putih adalah salah satu dari dua anak sungai utama di Sungai Nil, dengan panjang kurang lebih 3.700 kilometer. Sebagian besar, sungai Nil Putih mengalir di wilayah Negara Sudan, dan Sudan Selatan.

Sungai Nil Putih ini sedikit berbeda dengan sungai-sungai pada umumnya di dunia. Pasalnya, air di sungai ini terasa asin, sehingga ikan dan beberapa makhluk hidup yang hidup disungai ini juga ikut terasa asin.

Sungai Nil Putih bersumber di Danau Victoria di Uganda, yang merupakan salah satu danau terbesar di Benua Afrika, dan mengalir melewati ibukota Negara Sudan dan Sudan Selatan hingga bermuara di Sungai Nil.

#5. Sungai Zambezi (2.574 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Afrika
Sungai Zambezi
Sungai Zambezi adalah salah satu sungai di Benua Afrika, yang memiliki aliran air yang cukup deras, dari bagian barat laut Zambia hingga bermuara di Samudra Hindia, dengan panjang sekitar 2.574 kilometer.

Beberapa negara yang dilewati oleh Sungai Zambezi di antaranya adalah Negara Zambia, Congo, Angola, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Mozambique, Malawi, dan Tanzania.

Beberapa bentukan alam berupa air terjun, yang sangat menggagumkan dari sungai ini di antaranya adalah Air Terjun Victoria di perbatasan Zambia dan Zimbabwe, Air Terjun Chavuma di perbatasan Zambia dan Angola, dan Air Terjun Ngonye di Zambia.

#6. Sungai Orange (2.200 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Afrika
Sungai Orange
Daftar sungai terpanjang di Benua Afrika selanjutnya yaitu Sungai Orange, dengan panjang kurang lebih 2.200 kilometer. Sungai Orange merupakan sungai terpenting bagi Negara Afrika Selatan, Lesotho, dan Namibia

Sungai ini bersumber dari Pegunungan Drakensberg, yaitu salah satu pegunungan tertinggi di Afrika Selatan, yang puncaknya mencapai sekitar 3.482 meter diatas permukaan air laut dan bermuara di Samudra Atlantik.

#7. Sungai Kasai (2.153 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Afrika
Sungai Kasai
Sungai Kasai adalah salah satu anak sungai di Sungai Kongo. Sebagian besar, sungai Kasai mengalir di Benua Afrika bagian tengah, dan melewati beberapa negara di antaranya adalah Kongo dan Angola.

Sungai yang mempunyai panjang kurang lebih 2.153 kilometer ini mengalir dari wilayah Angola bagian tengah ke perbatasan antara Angola dengan Kongo, sampai akhirnya bermuara di Sungai Kongo.

#8. Sungai Kwango (1.800 Kilometer)

Selain Sungai Kasai, ada satu lagi sungai yang ada di Negara Angola dan Kongo, yaitu Sungai Kwango dengan panjang sekitar 1.800 kilometer. Sungai Kwango adalah salah satu anak sungai utama di Sungai Kasai.

Sungai Kwango bersumber dari Alto Chicapa, dan mengalir melewati Kota Malanje di Angola, hingga berakhir di Sungai Kasai di Lembah Sungai Kongo.

#9. Sungai Limpopo (1.750 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Afrika
Sungai Limpopo
Sungai dengan panjang kurang lebih 1.750 kilometer ini bersumber dari pertemuan dua sungai yang berada di Afrika Selatan, yaitu Sungai Marico, dan Sungai Crocodile.

Sungai Limpopo bermuara di 4 negara sekaligus, yaitu Afrika Selatan Zimbabwe, Botswana, dan Mozambik. Selain itu, sungai ini juga merupakan salah satu sumber air bersih utama bagi ke-4 negara tersebut.

#10. Sungai Okavango (1.700 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Afrika
Sungai Okavango
Daftar sungai terpanjang di Benua Afrika yang terakhir yaitu Sungai Okavango, dengan panjang kurang lebih 1.700 kilometer. Sebagian besar, sungai ini mengalir di Benua Afrika dibagian barat daya.

Sungai Okavanga bersumber dari Sungai Cubango, yang mengalir ke arah selatan dari Angola hingga bermuara di Danau Ngami, dan Danau Makgadikgadi di Botswana.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang daftar lengkap sepuluh sungai terpanjang di Benua Afrika (lengkap dengan lokasinya). Baca juga ulasan tentang daftar lengkap sepuluh sungai terpanjang di Benua Eropa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel